Prevelansi Stroke dan Usia Muda

Kapan Pemberian Antibiotik yang Tepat?
August 7, 2015
Herbal Vs Kimia
August 11, 2015
Show all

Anda masih muda tapi jarang berolahraga, merokok, sering menkonsumsi junk food ? Bila jawabannya “ya” maka sebaiknya mulai saat ini waspada. Karena beberapa hal tadi bisa menyebabkan menyebabkan stroke.

Setidaknya peringatan itu disampaikan oleh Annisa, mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UNDIP dalam posyandu bagi warga kelurahan Sembung Harjo RW V, Semarang beberapa waktu lalu. Annisa melanjutkan, beberapa faktor diatas jika tidak tertangani akan memicu hipertensi. “Inilah pemicu utama stroke” ujar Annisa. Sementara faktor lainnya adalah kolesterol, arteriosklerosis (pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga (faktor keturnan) dan migren (sakit kepelah sebelah)..
Oleh karena itu, Annisa menghimbau, kaum muda sekarang untuk membiasakan menjalani gaya hidup sehat. Apa saja ? Pertama, hindari dan hentikan kebiasaan merokok. Kedua, rutin memeriksakan tensi darah secara rutin.

Karena tekanan darah yang tinggi bisa membuat pembuluh darah mengalami tekanan ekstra. Walaupun tidak menunjukkan gejala, ceklah tensi darah secara teratur.” Katanya.

Selanjutnya, menurut Annisa, adalah atasi dan kendalikan stres dan depresi. Serta kurangi garam,

Dengan demikian, bila mengenali secara dini gejala dan penyebab serta resiko stroke, diharapkan kita lebih waspada dengan selalu menjaga kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *