Prinsip gizi seimbang coba dikenalkan pada anak sekolah dasar

Angka stunting masih tinggi di beberapa daerah yang disebabkan ketidaktahuan pelajar akan asupan makanan. Maunya mereka jajanan yang kandungan gizinya entah. "Mereka sering konsumsi makanan dengan kandungan manis, asin yang berlebihan. Peran menyadarkan ini menjadi tanggung jawab bersama. Edukator gizi dari RSI Sultan Agung mengambil peran itu dengan memberikan penyadaran kepada siswa SD Sultan Agung.
Penjelasan itu dimulai dari mengenalkan gizi seimbang. Merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat-zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai. Apa saja ? Sayuran yang kaya vitamin ; lauk pauk dengan kandungan protein tinggi ; aneka ragam makanan pokok dan membatasi jajan sembarangan.
 
Mari identifikasi gizi seimbang yang terkandung dalam setiap makanan pokok yang membuat badan sehat berenergi. Makanan lauk pauk dengan protein hewani , nabati (ikan laut dsb). Lauk pauk nabati berupa tahu, tempe dan kacang-kacangan tanah. Gemar makanan ini menyebabkan otak menjadi cerdas.
Pesan berikut yang dijelaskan oleh dua edukator gizi, Harini Diestiana,S.Gz,RD dan Niken Ratna S,S.Gz,RD adalah seringlah mengombinasikan makanan dengan buah-buahan. Buah ini penting, sebagai sumber vitamin, air dan gizi , antioksidan, mencegah penyakit tertentu. Bahkan bisa dijadikan obat tertentu.