R umah Sakit (RS) JIH Yogyakarta memang relatif baru di kancah pelayanan kesehatan. Tapi semangat untuk memberikan pelayanan pasien harus diapresiasi. Termasuk totalitas memberikan pelayanan syariah bagi pasien muslim. Sebagai bukti untuk mewujudkannya, RS JIH Yogyakarta belum lama ini melakukan study banding di RSI Sultan Agung dalam kaitannya lesson learn.

Sebagaimana diketahui RSI Sultan Agung ditetapkan menjadi RS pertama yang ditetapkan oleh DSN MUI untuk menerapkan pelayanan Syariah pada lini kesehatan pada 23 September 2017.

Salah satu layanan menarik perhatian RS JIH adalah kemudahan pasien yang ingin bersuci sebelum melakukan sholat melalui inovasi tayamum pad.

Tayamum pad adalah seperangkat peralatan berisi debu yang sudah memenuhi kaidah fiqh. Alat ini bersifat portabel sehingga bisa didekatkan pada pasien.

Selain tayamum pad, RS JIH berkomitmen ingin menduplikasi konsep Syariah dalam layanannya. "Ada banyak implementasi di RSI Sultan Agung yang insya Allah bisa segera kita terapkan dan semoga ini membawa kebaikan bagi pasien" ujar Dirut RS JIH yogyakarta.

Dirut RSI Sultan Agung dr H. Masyhudi AM, M.Kes menyambut gembira kedatangan RS JIH sebagai upaya menggagas konsep Syariah. Manajemen RSI Sultan Agung siap memberikan apa saja yang diperlukan untuk sertifikasi syariah bagi semua RS dengan komitmen sama.

Sebelum mengakhiri lesson learn, rombongan RS JIH menyempatkan mengunjungi layanan unggulan Sultan Agung Eye Center, LASIK Center, Rehabilitasi Medik Center dsb.