Pedoman pemberian obat kepada pasien. Langkah ke 4 biasanya terlewat.

Launching gerakan GESIT Bekerja saat puncak milad RSI Sultan Agung
August 26, 2019
Pedoman pemberian obat-obatan. Diingat lagi mungkin terlewat (2)
August 29, 2019
Show all

Pemberian obat kepada pasien adalah salah satu bentuk terapi penyembuhan. Perawat yang sedang bertugas di memberikan obat kepada pasien wajib mengetahui pedoman pemberian obat-obatan. Berikut ini pedoman pemberian obat kepada pasien :

  1. Perawat mencuci tangan terlebih dahulu.
  2. Kenalkan identitas diri.
  3. Meminta pasien untuk menyebutkan nama lengkapnya. Jika memungkinkan, sebutkan namanya tanpa meminta bantuan. Maksudnya jangan meminta dengan menanyakan “Apakah Anda Bapak … (nama).
  4. Bandingkan nama dan nomor rekam medis pasien yang tertulis di gelang pasien dengan nama dan nomor rekam medis pada rekam pemberian obat.
  5. Tanyakan kepada pasien apakah Ia memiliki alergi terhadap makanan atau obat-obatan. Pasien mungkin menyadari bahwa ia memiliki alergi seperti kerang , tapi mungkin Ia tidak menyadari Ia punya alergi terhadap obat-obatan. Biasanya pasien yang alergi kerang punya alergi pada obat tertentu.
  6. Periksa kembali gelang pasien apakah punya alergi. Pada gelang alergi tersimpan pada gelang identitas pasien.
  7. Bantu pasien untuk berada dalam posisi yang nyaman saat memberikan obat.
  8. Tanyakan kepada pasien apakah Ia mengetahui obat yang diterimanya dan mengapa obat  tersebut harus diberikan. Respon pasien memberikan gambaran pengetahuan akan kondisi yang dialami dan pengobatan yang diterima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.