Psoriasis penyakit autoimun yang bersifat kronik.

Rintis stem cell untuk sembuhkan diabetes melitus
March 4, 2019
Etika berkomunikasi petugas di Rumah Sakit
March 8, 2019
Show all

Penyakit kulit yang terjadi pada orang di negara tropis beragam. Ada yang dipengaruhi oleh auto imun dan bersifat kronik. Salah satunya psoriasis.

Penyakit ini ditandai dengan adanya bercak-bercak eritema berbatas tegas dengan skuama yang kasar, berlapis-lapis dan transparan, disertai dengan fenomena tetesan lilin, Auspitz dan Kobner.

Dokter di Sultan Agung Skin Center, dr. Hesti W. Karyadini,Sp.KK menjelaskan insiden pada orang kulit putih lebih tinggi daripada penduduk kulit berwarna.

Psoriasis terdapat pada semua golongan usia tetapi umumnya pada orang dewasa dengan usia antara 15 – 25 tahun. Untuk tipe lambat, muncul pada usia 55 tahun.

Sekitar 1/3 orang yang terkena psoriasis melaporkan riwayat penyakit keluarga yang juga menderita psoriasis. Bila orangtua tidak menderita psoriasis maka risiko mendapat psoriasis sebesar 12%, sedangkan bila salah satu orang tua menderita psoriasis maka risiko terkena psoriasis meningkat menjadi 34-39%.

Stres dan gangguan emosi disebut berpengaruh munculnya psoriasis. 68% penderita psoriasis menyatakan stress dan kegelisahan menyebabkan penyakitnya lebih berat dan hebat.

Penanganannya menurut dr Hesti perlu diperlukan penyinaran dengan sinar ultraviolet. Penyinaran ini dipercaya menghambat mitosis, sehingga dapat digunakan untuk pengobatan psoriasis. Cara yang terbaik ialah penyinaran secara alamiah, tetapi jika berlebihan akan memperberat psoriasis. Karena itu digunakan sinar ultraviolet artifisial, diantaranya sinar A yang dikenal dengan UVA.

Saran lain, minum obat teratur, istirahat yang cukup, menjaga higienitas dan tekanan darah. "Jika gatal jangan digaruk" katanya. Menjaga tekanan darah Jika gatal usahakan jangan digaruk.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.