Resertifikasi SJH Laundry Syariah, Wujud Istiqomah dalam memberikan layanan Laundry Syariah

Bijak dalam Penggunaan Antibiotik, Cegah Resistensi
September 29, 2019
Peringati Hari Diabetes Sedunia, RSI Sultan Agung gelar senam bersama di CFD
November 17, 2019
Show all

 

 

RSI Sultan Agung – Sebagai rumah sakit syariah, RSI Sultan Agung memiliki beberapa konsekuensi yang harus terus dilakukan secara istiqomah atau berkelanjutan. Selain memberikan pelayanan yang sesuai dengan kaidah Islam dan menyediakan makanan yang halal bagi pasien, dalam hal kebersihan dan kesucian juga dituntut untuk bisa memberikan pakaian, linen, dan peralatan ibadah yang sesuai dengan ilmu thoharoh melalui layanan Laundry Syariah.

dr. H. Masyhudi AM, M.Kes, Direktur Utama RSI Sultang Agung Semarang pada acara Audit Resertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) laundry Syariah (11/10), dalam sambutannya mengatakan RSI Sultan Agung telah menetapkan kebijakan sistem jaminan halal terkait laundry agar komitmen untuk menghasilkan produk halal.

“Kami memiliki tim manajemen sistem jaminan halal yang bertanggung jawab dalam perencanaan, implementasi, dan evaluasi agar terus bisa berkelanjutan termasuk dalam proses laundry.” Jelasnya.

Tetapi meskipun telah dua kali mendapatkan nilai terbaik dalam hasil audit sistem jaminan halal, tidak membuat Masyhudi dan tim puas begitu saja. Masih terdapat beberapa hal yang perlu untuk disempurnakan dan seluruh tim telah bekerja secara optimal dalam mengimplementasikan dan mengawasi seluruh prosedur yang ada.

“Atas izin Allah, RSI Sultan Agung telah mendapatkan nilai terbaik dalam audit sebelumnya. Itu semua tidak lepas dari kerja keras seluruh tim. Memang masih ada beberapa hal yang perlu disempurnakan, tetapi hal itu tidak menghalangi tim SJH untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik dan berinovasi,” imbuhnya.

Hal senada juga diutarakan oleh auditor dari LPPOM MUI Jawa Tengah, Sri Susilowati, S.Si, M.Si, Apt. Beliau sangat mengapresiasi RSI Sultan Agung dalam keistiqomahannya mempertahankan Sistem Jaminan Halal terutama dalam memberikan layanan Laundry Syariah.

“Dewasa ini sangat banyak sekali rumah sakit yang ingin menerapkan system pengelolaan laundry yang sesuai syariah, bahkan banyak pengusaha laundry yang juga beralih ke layanan syariah. Semua semata ingin memberikan layanan produk yang halal dan sesuai syariah untuk semakin meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah,” terangnya

Dalam sesi pertama audit ini, auditor melakukan telusur dokumen untuk memeriksa kelengkapan arsip dan dokumen terkait pengelolaan sistem jaminan halal, untuk kemudian melakukan telusur lapangan di unit laundry untuk secara langsung melihat proses pengelolaan linen berbasis syariah yang dimiliki RSI Sultan Agung Semarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.