Sayangi ginjal dengan bijak konsumsi obat-obatan

Mewaspadai beberapa penyakit yang muncul pasca lebaran
June 10, 2019
Pencegahan penularan Monkey Pox
June 11, 2019
Show all

Mengontrol jumlah cairan yang ada di dalam tubuh agar tidak terlalu banyak atau sedikit, mengeluarkan sisa metabolisme dan toxin dari tubuh lewat urin merupakan serangkaian dari fungsi ginjal. Tapi bagaimana bila ginjal alami penurunan ?

Dikatakan alami penurunan bila ditemukan adanya kerusakan terhadap ginjal sehingga terjadi penurunan fungsi dalam waktu beberapa hari sampai pekan salah satu penyebabnya serampangan dalam konsumsi obat-obatan.

Penyebab penurunan ginjal mayoritas diakibatkan konsumsi obat-obatan secara serampangan. Jenis obat-obatan itu antara lain pereda nyeri ; antibiotik ; tekanan darah ; diuretik ; asam urat dan lambung.

Apabila terjadi penurunan fungsi ginjal ditemukan, maka limbah metabolisme tubuh (kreatinin dan ureum) dalam kadar yang tinggi dalam darah. Ditemukan juga kelainan pada urin.

Gejala gagal ginjal meliputi jarang berkemih, kaki bengkak, merasa lelah, nafsu makan dan berat badan menurun, mual dan muntah, kulit gatal bahkan alami hilang keasadaran.

Apabila ginjal sebelumnya dalam keadaan sehat dan menerima pengobatan dini, maka fungsi ginjal memiliki kemungkinan normal kembali. Penurunan fungsi ginjal yang dibiarkan berlangsung lebih lama berkembang menjadi gagal ginjal kronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.