Siswa SMK Medika belajar prosedur keperawatan di RSI Sultan Agung

Launching thibbun nabawi di masjid Hamidun Kosim RSI Sultan Agung
February 8, 2019
BAHAGIA sekarang, ceria saat lansia
February 12, 2019
Show all

Apakah RSI Sultan Agung menerima pasien non muslim ? Bagaimana pasien yang status JKN BPJS, apakah ada perbedaan dengan pasien umum ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut mengemuka dalam sesi tanya jawab siswa SMK Kesehatan Medika Pekalongan dengan Novianti, S.Kep, perawat senior RSI Sultan Agung. Sesi tanya jawab itu, masih dalam rangkaian hospital touring belum lama ini.

Novianti, S.Kep kemudian membeberkan kebijakan RSI Sultan Agung-yang sudah menjadi RS Syariah-terkait pasien. "Tidak ada larangan pasien non muslim berobat di RSI Sultan Agung. Bahkan di layanan yang spesifik semisal mata, rata-rata didominasi oleh pasien etnis Tionghoa. Kita juga memperbolehkan mereka melakukan ritual tertentu dengan mengundang pendeta atau pastor untuk mendoakan pasien yang sakit. Asalkan tidak sampai mengganggu pasien lain" kata Novianti.

Pun demikian dengan pasien JKN BPJS, asalkan mereka sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku, kita memperlakukan mereka sama. Tidak ada perbedaan"tegas Novi-sapaan akrabnya.

Berbagai prosedur yang ada di RSI Sultan Agung nampaknya mengundang keingintahuan dari para siswa dan siswi SMK Kesehatan Medika. Novianti merangkum segala hal tentang manajemen keperawatan di RSI Sultan Agung dalam sebuah presentasi slide show.

Puas mendapatkan paparan tentang prosedur keperawatan RSI Sultan Agung, ratusan siswa SMK Medika berkunjung ke unit unggulan Sultan Agung Eye Center ; Rehabilitasi Medik Center ; Kolam hydrotheraphy dan Cardiac Center. Dipandu oleh Unggul Budi-staf Humas-mereka menanyakan tentang layanan unggulan dari setiap unit itu.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *