SMK Binatama pelajari profesi keperawatan dan alur farmasi

SMK Binatama Yogyakarta yang konsentrasinya adalah pendidikan Keperawatan dan Farmasi berkesempatan melakukan kunjungan study di RSI Sultan Agung belum lama ini.
Rombongan siswa dan siswi diterima Direktur Pelayanan, dr. Erwin Budi Cahyono, Sp.PD. Yang berkesempatan bertukar souvenir dengan kepala sekolah SMK Binatama.
 
Noviyanti, perawat senior memaparkan kiprah dan segala hal yang berkaitan dengan profesi keperawatan di RSI Sultan Agung. Ada 5 sasaran keselamatan pasien : Ketepatan Identifikasi Pasien ; Peningkatan komunikasi yang Efektif ; Peningkatan Keamanan obat yg perlu di waspadai ; Kepastian tepat lokasi, tepat prosedur, tepat pasien operasi ; Pengurangan Resiko Infeksi Terkait pelayanan dan Pengurangan Resiko pasien jatuh .
Giliran M. Maskur dari instalasi farmasi, .memaparkan beberapa fungsi Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Menurut Standar Pelayanan Kefarmasian di RS Permenkes 72 Tahun 2016 ada beberapa hal : Pengkajian dan pelayanan Resep ; Penulusuran riwayat penggunaan Obat ; Rekonsiliasi Obat ; Pelayanan Farmasi Obat ; Konseling ; Visite ; Pemantuan Terapi Obat (PTO) dsb.
 
Menyempatkan melihat fasilitas pelayanan Hydrotheraphy untuk pasien pasca stroke di Sultan Agung Rehabilitasi Medik.
Mempelajari tugas asisten apoteker yang bekerja di depo farmasi RSI Sultan Agung. Tugasnya antara lain : Membantu menyiapkan obat dan alkes untuk pasien farmasi rawat inap GMCE sesuai dengan permintaan resep ; Membantu menata obat sesuai dengan alfabetis sesuai bentuk dan sediaan ; Membantu mengambil obat dan alkes kedepo farmasi lain jika obat atau alkes yang dibutuhkan tidak tersedia didepo farmasi rawat inap GMCE dan Membantu memberi etiket obat dan alkes (hasil etiket dicek kembali oleh petugas farmasi)..

;