Sudah benarkah kita menggosok gigi ?

Keefektifan SEFT sebagai pengurang rasa nyeri
November 25, 2015
FK UII study banding RS Pendidikan di RSI Sultan Agung
November 29, 2015
Show all

IMG_9962Setiap hari kita pasti menyikat gigi setidaknya tiga kali. Pagi , sore dan malam sebelum tidur. Ya, setiap hari kita rutin menyikat gigi. Pertanyaan berikutnya, apakah memang benar cara kita dalam menyikat gigi sudah benar ? Ya, pertanyaan ini perlu diungkapkan, karena mungkin semenjak kecil sampai sekarang kita salah dalam cara menyikat gigi. Nah, baru sadarkah kita ?
Ya, bisa jadi sampai sekarang kita kalau sedang gosok gigi hanya sekedar menggosok saja, dari atas ke bawah dan sebaliknya. Terus menggosok saja. Tapi ternyata dengan “cara” seperti itu, kuman bukannya pergi dari mulut. Melainkan hanya berpindah dari satu gigi ke gigi lain.

Lalu bagaimana caa menggosok gigi yang benar ?”Gerakan  gosok gigi, perhatikan arah tumbuhnya. Bilamenyikat gigi atas, maka arahkan dari atas ke bawah. Bila gigi bawah, maka sikat diarahkan bawah ke atas. Untuk gigi dalam, cukup gerakan dengan cungkil. Bila gigi geraham, gosok dengan cara berputar” ungkap Fajar dalam kunjungan dari TK Sultan Agung 04 Semarang , Rabu (26/11).

Ya, di depan anak-anak TK, Fajar mencoba meluruskan cara gerakan sikat gigi yang mungkin selama ini keliru diajarkan oleh para orang tua.

Disamping mendapatkan “ilmu” baru mengenai gosok gigi, puluhan anak TK, juga dikenalkan dengan fasilitas dan layanan yang dimiliki Sultan Agung Pediatric Dental Center (layanan kesehatan gigi yang dikhususkan untuk anak-anak). Sengaja mereka dikenalkan dengan layanan tersebut supaya mereka tidak takut lagi ketika mengalami masalah di giginya. Karena selama ini, ada stigma yang cukup kuat di pikiran anak-anak bahwa ketika periksa gigi pasti menakutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.