Suntik insulin tidak selalu berdampak berat diabetisi

Etika berkomunikasi petugas RS saat hadapi komplain
March 10, 2019
Langkah tepat penanganan diare pada anak di rumah
March 15, 2019
Show all

Pemberian suntikan insulin identik dengan sebuah kondisi yang sudah berat bagi diabetisi. Apakah seperti itu ? Tidak selalu. Nyatanya, Indikasi terapi insulin diberikan untuk membantu tubuh memiliki sejumlah insulin efektif pada saat yang tepat. Diabetisi yang diberikan insulin untuk DM tipe 1 (DMT1).

Pemberian insulin adalah salah satu penatalaksanaan DM. Selain pemberian obat-obatan, diabetisi dianjurkan untuk mengikuti pola makan sehat ; meningkatkan kegiatan jasmani setidaknya 3 s.d 4 kali seminggu sedikitnya selama 150 menit per minggu dengan latihan aerobik sedang atau 90 menit per miligram dengan latihan aerobik berat.

Pemaparan itu disampaikan oleh dr. Tri Ferry Rachmatullah, Sp.PD dalam even PROLANIS BPJS belum lama ini.

DM masih menjadi momok belakangan ini. Di dunia pada tahun 2025, dr Tri Ferry memaparkan akan adanya ledakan diabetisi yang mencapai 380 juta.

Diabetes melitus (DM) adalah suatu kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah. Pada orang normal, terdapat hormon insulin dalam jumlah mencukupi sehingga glukosa darah bisa dikendalikan.

Faktor penyebab DM antara lain : Usia lebih 45 tahun dengan kegemukan disertai faktor resiko tidak aktif ; Riwayat melahirkan bayi dengan BB lahir bayi lebih 4000 gram ; Menderita polycystic ovarial syndrome (PCOs) atau keadaan lain yang terkait dengan resistensi insulin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *