Tahapan pencegahan TB di Rumah Sakit

Peran PPI maksimalkan perlindungan bagi petugas kesehatan dari TB
December 4, 2018
Tua itu pasti, tapi bisa dilambatkan dengan cara ini
December 6, 2018
Show all

Triase. Pengenalan segera pasien suspect atau konfirm TB adalah langkah pertama. Hal ini bisa dilakukan dengan menempatkan petugas menyaring pasien dengan batuk lama segera pada saat datang di fasilitas.

Cara identifikasinya : batuk 2 minggu atau yang sedang investigasi 2 minggu dengan meminimalkan seorang suspect TB antri dengan pasien lain.

Penyuluhan. Menginstruksikan pasien yang tersaring diatas untuk melakukan etika batuk. Yaitu menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin. Jika perlu, berikan masker atau tissu untuk menuntup mulut dan cegah terjadnya aerosol.

Pemisahan. Pasien yang suspect harus dipisahkan dari pasien lain dan diminta menunggu di ruang terpisah dengan ventilasi baik serta diberi masker bedah atau tissu.

Pemberian pelayanan segera. Pasien dengan gejala batuk segera mendapatkan pelayanan untuk kurangi waktu tunggu sehingga orang lain tidak terpajan lebih lama. Agar berjalan dengan baik di tempat pelayanan terpadu, usahakan agar jadwal pelayanan HIV dibedakan jam atau harinya dengan pelayanan TB.

Rujuk untuk investigasi atau pengobatan TB. Percepat layanan , pemeriksaan diagnostik TB sebaiknya dilakukan di tempat pelayanan itu. Tetapi bila pelayanan ini tak tersedia, fasilitas perlu merujuk dengan membina kerjasama baik dengan pusat pelayanan TB secepat mungkin.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *