Tahapan perkembangan sel kanker

Memperbanyak sholawat, semakin banyak dosa yang terampuni
November 21, 2018
Kunci hidup sehat adalah mengenal asupan makanan sehari-hari
November 26, 2018
Show all
 

Pembelahan sel yang tak terkendali kemudian menyerang jaringan biologis lainnya baik disertai pertumbuhan langsung di jaringan yang bersebalahan atau migrasi ke tempat yang jauh dalam tubuh kita dinamakan penyakit kanker.

Pergerakan tak terkendali itu, disebabkan kerusakan DNA sehingga menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembelahan sel. Dari faktor eksternal, mutasi tersebut karena paparan agen kimia ataupun fisik yang disebut karsinogen.

Dari sinilah kita peroleh keseimpulan, kanker berarti pertumbuhan abnormal sel yang sifatnya ganas, invasif, merusak jaringan sekitar , menyebar dan tumbuh dengan cepat.

Pertumbuhan kanker terjadi pada beberapa tahapan. Pertama induksi ada perubahan sel (displasia). Tahapan selanjutnya, kanker in situ. Pertumbuhan kanker terbatas pada jaringan tempat asalnya tumbuh. Ketiga, kanker invasif, yakni sel kanker telah menembus membran basal dan masuk ke jaringan atau organ sekitar yang berdekatan.

Terakhir pertumbuhan kanker ber-metastasis. Tahapan ini berarti penyebaran kanker ke kelejar getah bening dan atau organ lain yang letaknya jauh (misalnya , kanker usus besar menyebar ke hati).

Penyebaran ini melalui aliran darah getah bening atau dari tumor.



 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *