Upaya Pencegahan Novel Coronavirus (COVID-19) di Kantor dan di Rumah

Kunjungan ke RS PKU Muhammadiyah Solo
March 15, 2020
Protokol Kesehatan Novel Coronavirus (COVID-19) Kemenkes RI
March 17, 2020
Show all

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan wabah virus corona jenis baru atau SARS-CoV-2 menjadi tingkat pandemik pada Rabu (11/3/2020) lalu. Adapun kenaikan tingkat penyebaran ini diumumkan ketika jumlah kasus terinfeksi virus corona mencapai lebih dari 100.000 kasus secara global. Diketahui, penyebaran virus corona menjadi masif lantaran virus ini dapat menular antar-manusia melalui droplet dari pasien. Kemudian, seseorang juga dapat tertular virus corona ketika berada cukup dekat dengan penderita yang menghirup droplet dari batuk atau saat bersin.

Sebagian kasus, orang dengan virus corona tidak memunculkan gejala apa pun. Meski begitu, apabila kita hendak melakukan aktivitas rutin, seperti pergi bekerja di kantor atau menghadiri suatu acara, bagaimana upaya pencegahannya? Dilansir dari situs resmi WHO, ada sejumlah cara sederhana untuk mencegah penyebaran Covid-19 di tempat kerja (bagi Anda yang kantornya tidak menerapkan aturan work from home).

  1. Pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis. Hal ini dapat dilakukan dengan rutin membersihkan meja dengan disinfektan. Sebab meja kerja menjadi media utama yang sering disentuh pegawai lain.
  2. Gencarkan tindakan cuci tangan dengan menempatkan wadah hand sanitizer di tempat-tempat yang sering dikunjungi orang.
  3. Gencarkan tindakan menjaga kebersihan saluran pernafasan dengan memakai masker bagi pegawai yang merasa sakit batuk atau pilek agar droplet tidak menular ke orang lain.
  4. Meminimalisir berdekatan dan bersentuhan dengan orang lain, serta hindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama.

Namun, tentunya pedoman ini juga dapat menjadi pedoman bagi masyarakat di dunia, termasuk Indonesia, untuk menerapkan perencanaan tepat dalam mengantisipasi penularan wabah virus corona ini. Lalu, seperti apa persiapan yang perlu dilakukan untuk hadapi Covid-19 di rumah?

Ingatkan semua orang di rumah Anda, akan pentingnya mempraktikkan tindakan pencegahan sehari-hari yang dapat membantu mencegah penyebaran penyakit Covid-19 seperti berikut ini :

  • Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
  • Tetap di rumah saat sakit, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis.
  • Tutupi batuk dan bersin dengan tisu.
  • Bersihkan permukaan dan benda yang sering disentuh setiap hari. Misalnya, gagang pintu, sakelar lampu, meja dan lain sebagainya. Jika permukaan kotor, mereka harus dibersihkan menggunakan deterjen dan air sebelum disinfektan.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, terutama setelah dari kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk atau bersin.

Wabah Covid-19 bisa bertahan lama di lingkungan komunitas. Pedoman perencanaan antisipasi penularan virus corona yang sebabkan penyakit Covid-19 ini perlu dilakukan untuk membantu masyarakat. Pejabat kesehatan setempat dapat merekomendasikan tindakan yang dirancang untuk membantu masyarakat menjaga orang sehat. Selain itu, merencanakan upaya untuk mengurangi paparan virus Covid-19 dan memperlambat penyebaran penyakit ini agar tidak kian meluas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.