Ventilasi yang baik, cegah persebaran TB

Mengklasifikasikan kesulitan makan pada anak
December 10, 2018
Donor tak boleh sembarangan, pahami dahulu persyaratannya
December 17, 2018
Show all

Tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Di dunia, TB nangkring di peringkat kedua baik sebagai baik dalam jumlah keseluruhan kasus maupun kasus baru.

Mycobacterium tuberculosis merupakan bakteri penyebab TB. Bakteri itu, di cirikan Aerob obligat, berukuran 1-5µm, bisa bertahan di udara selama beberapa jam. Dinding sel kaya dengan lipid (25-60% dari berat kering mikroorganisme ) dan mampu bertahan hidup dalam makrofag alveolar yang inaktif.

Infeksi terjadi bila seseorang menghirup percik renik yang mengandung bakteri dan akhirnya sampai di alveoli.

Umumnya respons imun terbentuk 2---10 minggu setelah infeksi. Sejumlah kuman tetap dorman bertahun-tahun yang disebut infeksi laten.

Kemungkinan seseorang terinfeksi TB dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti konsentrasi percik renik di udara dan jumlah kuman yang terhirup, ventilasi udara, serta lamanya pajanan. Makin dekat dengan sumber infeksi dan makin lama waktu pajanan (dalam hari atau minggu) akan meningkatkan risiko seseorang terinfeksi.

Di rumah atau kediaman yang kita tempati, mulailah kita melakukan usaha meminimalkan persebaran kuman TB dengan sistem ventilasi yang tepat. Ventilasi adalah sistem yang menjamin udara bergerak dan terjadi pertukaran antara udara didalam gedung dengan udara dari luar.

Pemilihan jenis sistem ventilasi tergantung pada jenis fasilitas dan keadaan setempat. Pertimbangan pemilihan sistem ventilasi harus disesuaikan dengan kondisi lokal yaitu struktur bangunan, iklim , cuaca, peraturan bangunan, budaya, dana dan kualitas udara luar ruangan serta perlu dilakukan monitoring dan pemeliharaan secara periodik.

Di rumah kita bisa memanfaatkan ventilasi alami dengan cara memanfaatkan dorongan alami seperti angin atau perbedaan temperatur.

Pada rumah yang tidak memungkinkan menggunakan sistem ventilasi alami, bisa menggunakan kipas angin atau sering disebut Ventilasi mekanik. Jenis kipas angin yang dimanfaatkan antara lain desk fan ; window fan dan standing fan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *