Yang perlu kita lakukan untuk hindari penyakit kulit autoimun

Langkah tepat penanganan diare pada anak di rumah
March 15, 2019
Libatkan keluarga untuk dukung Indonesia bebas TBC
March 25, 2019
Show all

Pernahkah kita mendapati bercak-bercak merah di kulit punggung bawah, tangan kanan dan kiri ; kaki kanan dan kiri terjadi hampir 1 tahun yang lalu. Keluhan tersebut disertai gatal dan semakin terasa gatal saat berkeringat. Bercak-bercak merah tersebut jika digaruk timbul bintik-bintik merah dan jika digores berwarna putih seperti lilin. Boleh jadi kita harus waspada dengan Psoriasis Vulgaris (PV).

Yakni penyakit peradangan kulit kronik karena autoimun dan genetik ditandai dengan plak eritem berwarna putih dengan batas tegas disertai fenomena tetesan lilin. Radang ini dipicu oleh bakteri atau virus ; stress ; trauma ; merokok dan cuaca.

Gejala Klinisnya kulit akan diliputi skuama kasar, berbatas tegas, lepas dibagian tepi, lekat dibagian tengah, bentuknya dapat bulat atau lonjong. Fenomena tetesan lilin : skuama yang berubah warnanya menjadi putih seperti lilin pada goresan dan kelainan kuku.

Dimana tempat yang mudah tercetus PV ? Tempat yang mudah terkena trauma ; Skalp (kulit kepala) ; Ektremitas bagian ekstensor (siku dan lutut). Beberapa jenis Psoriasis vulgaris antara lain gutata ; inversa (flexural) ; eksudativa ; seboroik ; pustulosa dan eritroderma.

PV ini sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan perilaku menghindari iritasi dan trauma mekanik ; tidak menyisir rambut terutama pada bagian belakang kepala ; menghindari gangguan psikis (stress) dan kontrol secara teratur. Bisa juga berjemur dibawah sinar matahari saat siang hari pk 11.30 – 12.00 selama ± 30 menit.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.