Ketahui beberapa penyebab munculnya batu ginjal

PJK dihimbau jauhi makanan asin dan berlemak
October 3, 2016
Agar santriwati punya mata sehat
October 9, 2016
Show all

Kita masih malas berolahraga ? Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini karena bisa sebabkan komplikasi penyakit. Tidak hanya penyakit jantung, diabetes mellitus, stroke, tubuh yang malas berolahraga juga bisa sebabkan penyakit batu ginjal.

“Tidak atau kurang berolahraga bisa akibatkan batu ginjal. Penyebab lainnya adanya infeksi nano bakteria, infeksi kuman penghasil urease, asam urat, kolesterol, tekanan darah tinggi merupakan beberapa penyebab batu ginjal” ujar Spesialis Urologi Sultan Agung Urology Center, Prof DR Dr Rifki Muslim, Sp.B, Sp.U belum lama ini.

Dari sekian faktor itu, Prof DR Rifki Muslim juga menyoroti faktor makanan penyebab batu urologi. Apa saja ? “Susu tinggi kalsium, vitamin C dosis tinggi, obat-obatan yang dikonsumsi berdosis tinggi” ujarnya.

Kepada masyarakat yang selama ini masih banyak mengkonsumsi susu kalsium, Prof DR Rifki Muslim menghimbau untuk lebih berhati-hati. Karena sejatinya, menurut Prof DR Rifki Muslim, kebutuhan kalsium dapat dipenuhi bila cukup makan, kena sinar matahari selama 5 s.d 15 menit dari jam 06.00 s.d 09.00.

Sebaliknya, ada beberapa makanan dan minuman yang dipercaya menurunkan resiko batu ginjal seperti teh, kopi dan air jeruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *