Peringati Hari Diabetes Nasional 2021, RSI Sultan Agung Gelar Senam Bersama dan Seminar Online

Kembangkan Rumah Sakit Pendidikan, UNISBA Kunjungi RSI Sultan Agung Semarang
November 16, 2021
Pasien Covid-19 Semakin Berkurang
November 18, 2021
Show all

Semarang – 12 November 2021, Memperingati Hari Diabetes Sedunia (World Diabetes Day) pada 14 November 2021, RSI Sultan Agung Semarang yang berada di Jalan Raya Kaligawe KM 4 Semarang, menggelar sejumlah kegiatan, di antaranya senam diabetes, pemeriksaan gula darah, dan seminar kesehatan secara online dan onsite pada hari Jum’at (12/11).

Selain dalam rangka memperingati Hari Diabetes Dunia 2021, kegiatan ini juga merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari RSI Sultan Agung Semarang, UNISSULA, dan PERSADIA Cabang Semarang. Kegiatan yang dihadiri oleh 50 peserta onsite dari Anggota PERSADIA Unit RSI Sultan Agung Semarang ini dimulai pukul 07.00 WIB, diawali senam bersama para anggota PERSADIA Unit RSI Sultan Agung Semarang, dilanjutkan dengan pemeriksaan gula darah dan seminar online.

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua Persadia Cabang Semarang, Endang Hariyani, SE, MM, sekaligus memberikan sambutan pada pembukaan seminar online yang bertajuk Pentingnya Pemantauan Gula Darah Mandiri dan Pemantauan Efek Samping Obat Bagi Diabetisi di Masa Pandemi.

Endang Hariyani mengatakan penanganan Diabetes mellitus di Indonesia disesuaikan dengan Pilar Penanganan Diabetes mellitus. Diantara 4 pilar penanganan, senam merupakan salah satu latihan jasmani.

“Selama ini banyak penderita Diabetes mellitus yang hanya mengandalkan pengobatan medis tanpa diimbangi dengan melakukan senam Diabetes, karena menurut mereka melakukan senam Diabetes hanya memberikan efek kebugaran saja terhadap tubuh tanpa memiliki efek lain, padahal senam adalah salah satu terapi aktivitas dalam 4 pilar penanganan Diabetes Mellitus selain edukasi, diet dan pengobatan. “ Kata Endang.

Direktur Pendidikan dan Penunjang Medis RSI Sultan Agung Semarang, dr. Minidian Fasitasari, M.Sc, Sp.GK, dalam sambutan sekaligus membuka seminar memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kegiatan ini dan terhadap kiprah PERSADIA Cabang Semarang dalam mewadahi Diabetisi di Kota Semarang.

Dalam seminar kesehatan, dr. Nur Anna C Sa’dyah, Sp.PD, KEMD, FINASIM dari RSI Sultan Agung Semarang dan Apt. Farroh Bintang Sabiti, S.Farm dari UNISSULA, didapuk sebagai narasumber memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan oleh para penderita diabetes dalam pemantauan gula darah secara mandiri di masa pandemi covid-19.

 

Sebagai narasumber pertama, secara umum dokter Anna menjelaskan, para penderita diabetes dapat melakukan pemeriksaan gula darah secara mandiri dan tidak harus pergi ke fasilitas kesehatan apabila hanya untuk memeriksa kadar gula darah.

“Bapak Ibu dapat melakukan pemeriksaan gula darah secara mandiri jika masih ada kekhawatiran untuk pergi ke fasilitas kesehatan. Akan tetapi apabila terdapat keluhan, para penderita diabetes tetap dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit atau fasilitas pelayanan  kesehatan terdekat. “ Ujar dokter Anna.

Setelah selesai memberikan materi, dokter Anna juga memberikan peragaan bagaimana melakukan pemeriksaan gula darah secara mandiri dengan menggunakan alat tes gula darah.

Narasumber kedua, Apt. Farroh Bintang Sabiti, S.Farm, melalui materinya menyampaikan bahwa penderita diabetes harus dapat mengenali efek samping obat diabetes. Penderita diabetes perlu minum obat untuk membantu mengontrol kadar gula darah. Beberapa obat memiliki efek samping dan tak jarang membuat putus obat.

“Jangan langsung menghentikan obat diabetes. Kenali efek samping obat diabetes dan konsultasikan dengan dokter adalah langkah paling tepat.” Kata apoteker Farroh.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan ditutup dengan diskusi dan tanya jawab peserta dengan narasumber. Meskipun dalam kegiatan ini juga menghadirkan peserta secara onsite, seluruh kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *