Tujuan Vaksinasi Covid-19

Video Profile RSI Sultan Agung Banjarbaru
July 23, 2021
Peringatan 50 Tahun RSI Sultan Agung Mengabdi dan Melayani
August 18, 2021
Show all

Vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. Masyarakat Indonesia sangat menyambut baik adanya Vaksinasi Covid-19 ini. Hal ini berdasarkan hasil penelitian perusahaan peneliti pasar global atau global market research (Ipsos) tentang perilaku masyarakat selama pandemi Covid-19 gelombang ketiga. Survey tersebut menyatakan bahwa 80% masyarakat Indonesia menyambut baik dan bersemangat untuk menerima vaksin.

Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Nah, tujuan vaksinasi diantaranya adalah :

  1. Mengurangi Penularan / Transmisi Covid-19.

Pada dasarnya, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, tetapi juga dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri. Tujuan vaksinasi ini kiranya juga disematkan untuk penyakit Covid-19 akibat virus corona.

 

  1. Menurunkan Angka Kesakitan dan Kematian Akibat Covid-19

Dalam dokumen Frequently Asked Question (FAQ) Seputar Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 yang diunggah dalam laman resmi Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI, dijelaskan bahwa vaksinasi Covid-19 memang tidak membuat kita 100 persen kebal dari Covid-19. Tapi, vaksinasi Covid-19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika kita tertular Covid-19.

Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Vaksinasi terjadi biasanya dengan pemberian vaksin. Sebagaimana manfaat dari vaksin lainnya, vaksin Covid-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh. Oleh sebab itu, meski sudah divaksin Covid-19, kita direkomendasikan tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona.

  1. Mencapai Kekebalan Kelompok di Masyarakat (Herd Imunity)

Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil.

Bila diberikan secara massal, vaksin COVID-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat. Artinya, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, misalnya bayi baru lahir, lansia, atau penderita kelainan sistem imun tertentu, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Kendati demikian, untuk mencapai herd immunity dalam suatu masyarakatpenelitian menyebutkan bahwa minimal 70% penduduk dalam negara tersebut harus sudah divaksin.

 

  1. Melindungi dan Memperkuat Sistem Kesehatan Secara Menyeluruh

Pandemi Covid-19 telah membuat banyak rumah sakit kewalahan karena fasilitas dan sumber daya yang terbatas. Tidak heran ketika banyak rumah sakit telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pasien-pasien Covid-19 dan non-Covid-19. Tenaga kesehatan yang merawat pasien Covid-19 pun harus rela bertahan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) agar terhindar dari Covid-19. Dengan kehadiran vaksin dan semakin banyak orang yang divaksinasi, maka orang yang terinfeksi dan penyebarannya tentu akan berkurang. Hal ini mengurangi beban tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan. Tenaga kesehatan dapat mendedikasikan upaya, dana, dan peralatan mereka untuk membantu pasien dengan gejala yang lebih berat, penyakit yang tidak dapat dicegah lainnya, serta mencegah penumpukan pasien-pasien di rumah sakit.

 

  1. Melindungi Masyarakat dari Covid-19 Agar Tetap Produktif Secara Sosial dan Ekonomi

Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

 

Dukung terus Vaksinasi Covid-19 karena vaksin yang digunakan terjamin aman, dan berkualitas. Selain itu, tetap disiplin 3M, menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih mengalir selama 20 detik, menjaga jarak minimal 1 meter, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas agar Indonesia segera pulih dan bangkit dari pandemi.

 

Sumber :

Promkes.kemkes.go.id

https://smartcity.jakarta.go.id/

https://www.alodokter.com/

https://health.kompas.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *